Membuat Business Model Canvas ( BMC)
Seorang calon wirausahwan dalam mengembangkan ide bisnis sangat penting untuk menggabungkan kreativitas, analisis pasar, dan riset yang mendalam. Jaga fokus pada kebutuhan pelanggan dan adaptasi dengan perubahan pasar untuk mengoptimalkan potensi bisnis Anda. Untuk mempermudah dalam memetakan ide bisnis, bisa menggunakan form Bisnis model canvas seperti berikut:

Cara mengisinya adalah sebagai berikut:
-
Customer Segment (Segmen Pelanggan)
Pada blok ini Anda bisa mengisinya dengan customer segments atau segmen pelanggan Anda. Segmen pelanggan adalah sekelompok orang atau organisasi yang ingin Anda jangkau atau Anda layani. Dengan kata lain mereka adalah target market Anda. Untuk lebih memudahkan Anda dalam mengisi blok segmen pelanggan ini, ada beberapa pertanyaan yang mungkin bisa membantu Anda, diantaranya :
-
Siapa konsumen Anda? (jenis kelamin, usia, lokasi)
-
Bagaimana karakteristik mereka? (perilaku, hobi, selera, pekerjaan)
-
Apa masalah utama mereka?
-
Apa yang mereka pikirkan? Rasakan? Lakukan?
Kuncinya adalah pada seberapa dalam Anda mengenali pelanggan. Semakin Anda mengenali pelangga maka akan semakin mudah dalam mengisi blok ini. Atau klo anda sudah membuat Value Preposition Canvas pada bagain sebelumnya, maka tinggal menuangkan Customer profile
-
Value Propositions
Pada blok ini Anda bisa mengisinya dengan nilai yang Anda tawarkan terhadap segmen pelanggan. Misalnya pelanggan Anda punya masalah tertentu, maka pada bagian value propositions ini Anda bisa menuliskan solusi-solusi yang Anda tawarkan. Untuk memudahkannya silakan jawab pertanyaan berikut ini :
-
Solusi apa yang Anda tawarkan ke konsumen Anda?
-
Apa yang menarik dari solusi Anda?
-
Apa yang membuat konsumen mau memilih, membeli, dan menggunakan value Anda?
Jika anda sudah membuat Value Preposition Canvas pada bagain sebelumnya, maka tinggal menuangkan uraian product & service yang sudah dijabarkan sebelumnya.
-
Channels (Saluran)
Pada blok ini tuliskan bagaimana cara Anda menyampaikan value propositions atau penawaran Anda ke pelanggan. Di sini Anda bisa menentukan 3 jenis saluran yang diantaranya :
-
saluran pemasaran
-
saluran komunikasi
-
saluran distribusi.
-
Customer Relationships (Hubungan pelanggan)
Begitu juga ketika Anda membangun saluran dengan pelanggan. Maka secara otomatis akan tercipta hubungan dengan pelanggan Anda. Kuat dan tidaknya suatu hubungan tergantung bagaimana Anda melakukannya. Pada blok ini silakan tuliskan apa saja yang akan Anda lakukan untuk membangun hubungan dengan pelanggan dalam rangka mengirimkan nilai atau penawaran Anda ke pelanggan. Tujuan utamanya adalah untuk membangun loyalitas pelanggan. Sehingga bentuknya pun bisa sangat beragam, mulai dari newsletter, layanan after sales, dan sejenisnya. Beberapa bentuk kegiatan Customer Relationships antara lain:
-
Program keanggotaan/memberships;
-
Diskon pelanggan loyal;
-
Hotline number;
-
Layanan purna jual; dan program lainnya
-
Revenue Streams
Pada blok ini silakan isi dari mana saja bisnis Anda menghasilkan pendapatan. Beberapa cara dalam menghasilkan pendapatan, diantaranya :
-
Jualan produk/jasa
-
Biaya penggunaan
-
Biaya berlangganan
-
Pinjaman/Penyewaan/Leasing
-
Lisensi
-
Biaya Komisi
-
Key Resources
Pada blok ini tuliskan apa yang menjadi sumberdaya utama bisnis Anda agar dapat kompetitif dalam menciptakan value. Contohnya seperti bahan baku produk, sumber daya manusia, dan infrastruktur yang dibutuhkan dan semacamnya.
-
Key Activities
Pada blok ini silakan isi dengan usaha atau kegiatan apa saja yang anda lakukan dalam rangka membangun nilai atau value propositions yang Anda tawarkan ke pelanggan. Aktivitas apa yang perlu kita lakukan agar mampu menghasilkan produk/jasa sesuai dengan keunggulan sudah ditetapkan sebelumnya seperti: penyiapan bahan baku, penyiapan tempat, penyiapan peralatan produksi, penentuan metode kerja, penyiapan sumber daya manusia, dan lainnya. Disamping itu harus diuraikan juga aktivitas kunci yang mempengaruhi keberhasilan men-deliver produk sesuai Value Preposition contohny: kontrol pada standar bahan baku, standarisasi produk, standarisasi kompetensi pada pegawai, dan pengurusan perijinan berusaha yang diperlukan
-
Key Partnership
Pada blok ini slakan tuliskan pihak mana saja yang menjadi mitra Anda dalam membangun nilai atau penawaran bagi pelanggan. Selain itu bisa juga Anda tuliskan apa saja aktivitas yang dijalankan key partnership. Contohnya : mengirimkan bahan baku. Memasarkan produk jadi. Dan lain sebagainya.
-
Cost structure
Pada bagian ini tuliskan apa saja pengeluaran keuangan yang Anda lakukan dalam rangka menciptakan nilai bagi pelanggan. Uraikan Biaya-biaya yang harus kita keluarkan agar bisa menghasilkan produk/jasa serta biaya-biaya yang harus kita keluarkan produk/jasa sampai kepada pelanggan. Bebrapa komponen biaya antara lain:
-
Fix cost (biaya tetap)
-
Upah pokok tenaga kerja
-
Biaya sewa gedung/kantor/gudang
-
Variabel Cost (biaya variabel)
-
Biaya bahan
-
Biaya Kemasan
-
Biaya delivery
-
Biaya Promosi
-
Air, gas, dan listrik
-
Biaya Telekomunikasi
Semakin detail anda mengisi setipa bagian dari BMC maka akan mempermudah anda dalam menjalankan bisnis anda